Pola Hidup Yang Bisa Merusak Otak

Ternyata tanpa disadari pola hidup yang tidak teratur dapat mengganggu dan merusak cara kerja otak manusia. Suka atau tidak suka pola hidup gaya modern sudah menjadi trend masa kini dan menjamur dimana-mana tidak terkecuali masyarakat menengah ke bawah yang notabene banyak bermukim di kota metropolitan seperti jakarta ibukota tercinta. Pada artikel kali ini saya akan sedikit memberikan contoh pola hidup tidak teratur yang dapat mempengaruhi cara kerja otak sehingga mengurangi produktivitas kerja sehari-hari.

Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak. Dan ini juga yang sering kita rasakan di kota metropilitan kita tercinta, polusi yang kian meningkat dari tahun ke tahun.

Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer. Walaupun sudah ada undang-undang tentang larangan merokok di tempat umum, tapi tetap saja masih banyak orang yang dengan santainya merokok di sembarang tempat tanpa merasakan bahwa dia sudah mendzolimi orang yang ada di sekitarnya (walaupun saya perokok, tapi masih punya etika untuk merokok di tempat yang sudah disediakan ceileeeeee...).

Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Sarapan pagi diperlukan untuk menghasilkan cara kerja otak yang optimal terutama bagi anak-anak usia sekolah dan juga orang-orang yang dibutuhkan ide dan gagasannya dalam bekerja.

Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Jadi inget sabda Nabi SAW "Berhentilah makan sebelum kenyang".

Semoga Bermanfaat bagi saya dan para pembaca sekalian.